Saturday, November 19, 2011

600 Ribu Orang di Jabar Menderita Katarak

BANDUNG - Indonesia menjadi penderita terbanyak penyakit katarak di dunia setelah negara Ethopia.  "Penduduk Indonesia yang mengalami katarak sebanyak 3,6 juta orang sedangkan warga Jabar dari 43 juta jiwa yang menderita katarak 600 ribu orang," ujar Wakil Direktur Rumah Saki Mata Nasional Cicendo dr Iwan Sovani saat jumpa Pers Bakti Sosial Sido Muncul di Rumah Sakit Mata Cicendo, Sabtu (19/11).
Menurut Iwan, kendala yang dihadapi para pasien katarak karena keterbatasan biaya dan ada rasa takut operasi sehingga penderita katarak terus bertambah," ujar Iwan.
Sementara itu Ketua Persatuan Dokter Specialis Mata Seluruh Indonesia Dr Nila merasa terbantu adanya bakti sosial Sido Muncul yang mengadakan operasi gratis 6.000 pasien selama 2011 dan diharapkan tahun 2012 bantuan operasi gratis bisa menjadi 12 ribu.
"Saat ini para penderita katarak sebagian besar keluarga tidak mampu sehingga membutuhkan bantuan tapi dana pemerintah terbatas," ujarnya.
Sementara Piu gitaris band Padi mengaku kaget dan prihatin Indonesia menjadi juara dunia penyakit katarak. "Saya benar-benar kaget Indonesia yang subur loh jinawi bisa setara dengan negara tandus  Ethopia dalampenyakit katarak," ujar Piu yang datang bersama istri dan dua anaknya.
Selain Piu hadir juga bintang iklan Sido Muncul lainnya Rike Diah Pitaloka dan Donny Kusuma.

No comments:

Post a Comment